Searching...
Senin, 31 Desember 2018

Makanan Khas Di Rokan Hilir

Desember 31, 2018

Sejarah Rokan Hilir - Setiap daerah pasti punya makanan khasnya. Begitupun dengan Bagansiapiapi. Sebagai orang yang berasal dari Bagansiapiapi, maka saya ingin memperkenalkan makanan khas Bagansiapiapi kepada kompasianer tercinta ini.

Kalau ada kesempatan mengunjungi Bagansiapiapi, bolehlah dicoba kulinernya, makanan khas Bagansiapiapi ini akan gampang ditemukan. Dijamin pasti ketagihan,

Berikut ini kuliner dari Bagansiapiapi tersebut adalah:

1. WANTANMIE BAGAN


Wantanmie itu pada dasarnya sama dengan mie ayam, hanya isinya bukan ayam tapi diganti dengan daging babi panggang, kucai, tauge & bawang merah goreng. Dimakan dengan cabe yang banyak.

2. KEMI BAGAN



Isi dari Kemi adalah mie gede, ada “Ke A” (terbuat dari sagu + tepung terigu, perbandingannya 4 sendok sagu + 2 sendok tepung terigu, sehingga lebih kenyal), udang, daging, bakso ikan, bawang putih yang dihaluskan.


3. KWETIAU BAGAN



Berbeda dengan kwetiau pada umumnya yang berwarna coklat, maka kwetiau bagan berwarna merah (merahnya tergantung tingkat kepedasannya karena warna merah itu adalah warna dari cabe). Isi dari kwetiau Bagan adalah udang, cabe, bawang putih yang dihaluskan, tauge dan “Kucai”. Tidak pakai kecap sehingga warnanya tidak seperti kwetiau pada umumnya.


4. KARIPENG BAGAN


Isi dari Karipeng adalah daging kecap, telur, kentang (kadang ada yang tambahin dengan daging babi panggang). Merupakan salah satu makanan favorite keluarga.

5. ENGKIUAPENG BAGAN


Isinya nasi kuning (kuningnya karena kunyit), udang, daging, kentang seperti gambar diatas.

6. OIE BAGAN



Oie= talas yang dibentuk bulat-bulat. Makannya dicampur sama seperti cicongpang yaitu kacang tanah, ebi, bawang goreng dan seledri dan tak lupa cabe. Bisa juga dimasak kuah, jadinya namanya Oie teng (teng=kuah). Isinya oie dimasak kuah dicampur udang, tauge dan sawi hijau.


7. CICONGPAN BAGAN


Cicongpan terbuat dari tepung beras + sagu. Sama dengan bahan untuk pembuatan kwetiau. Hanya untuk cicongpang perbandingannya 1bungkus tepung beras + 5ons tepung sagu sedang untuk pembuatan kwetiau bahannya 1bungkus tepung beras + 7ons tepung sagu. Cicongpan ini dicampur dengan kacang tanah, ebi (udang kering), bawang goreng dan seledri. Dimakan dengan cabe seperti tampak gambar diatas.

8. KIAMKE BAGAN


Adonan kiamke bahannya sama dengan Kwetiau dan Cicongpan, yaitu dari tepung beras dan sagu. Bisa juga bubur putih polos yang tidak habis dimakan, diblender halus dicampur sagu, dikasih perasa dan dikukus. Dimakan dengan tambahan kacang tanah, ebi, bawang goreng, seledri dan cabe.

9. MISO BAGAN


Mayoritas penghuni Bagansiapiapi adalah orang Tionghua sehingga Bahasa Indonesianya kurang lancar, karena bahasa sehari-harinya adalah Hokkian. Jadi mungkin Mie Sop, karena bahasa Indonesianya kurang lancar, jadinya terkenalnya dengan kata Miso.

Bahan untuk pembuatan miso terdiri dari rempah-rempah seperti lada, cintan,pala, cengkeh,kembang pala,bunga rawang,kayu manis,lada hitam,ketumbar. Supnya itu enak banget dimakan pas lagi pilek, karena setelah makan badan berasa hangat. Dicampur irisan daging ayam, tahu yang sudah digoreng, telur, bawang goreng & seledri. Cabenya adalah cabe rawit yang digiling halus. Ditambahkan ke miso, dimakan panas-panas, badan berasa enak. Kalau pas lagi demam, langsung berasa enak karena keringat keluar terus.

10. HECI BAGAN


Adonan tepung terigu + sawi, diatasnya ditaruh udang baru digoreng. Makannya dicocol cabe.

11. LOLIA BAGAN


Isinya bakwan udang, nenas, mentimun, tauge, tahu goreng diaduk dengan kacang tanah dan gula.

Demikianlah makanan khas Bagansiapiapi yang merupakan makanan favokhasnya dan Sebenarnya masih banyak lagi seperti  LAKSAWAN BAGAN, HAMKE BAGAN, dan CAI PAO, DLL

0 komentar:

Posting Komentar